November 09, 2011

*Evaluasi Tempat Magang*

Bismillahirohmanirohim..^^
Assalamualaikum.. Wr.. Wb..
Alhamdulillah kewajiban kami untuk menyebarkan ilmu pada SMK Negeri 29 Jakarta atau lebih dikenal dengan SMK Penerbangan telah berakhir pada 28 Oktober 2011 lalu.
Dengan mata pelajaran yang telah kami sampaikan adalah:
  1. RPG Maker
  2. serta Pembelajaran 3D Animasi menggunakan Blender
Pada awalnya kami mempunyai rancangan untuk memberikan pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi)  yang lebih banyak akan diajarkan adalah pembuatan website menggunakan CMS (Content Management System) yaitu Joomla. Akan tetapi kami belum dapat memaksakan untuk mengajarkan mata pelajaran tersebut dikarenakan waktu yang kurang mendukung. Karena kami masuk pada jam ekstrakulikuler maka pada jam - jam tersebut sering sekali sekolah tersebut mengadakan acara sekolah dan kendala terakhir adalah lab sekolah SMK tersebut butuh perbaikan karena sistem PC nya telah penuh dengan virus.

Sebenarnya minat dari para siswa sangatlah bagus. Mereka yang mengikuti kelas ini benar - benar banyak sekali sekitar kurang lebih 45 siswa dalam satu kelasnya. Kami mulai pelajaran setiap hari Sabtu jam 8.00 sampai jam 11.00.

Dari hasil survey kami dalam pendekatan secara personal ke masing - masing siswa tentang apa yang mereka sukai dari materi yang telah kami rencanakan. Hasilnya kebanyakan dari mereka telah memilih mata pelajaran RPG Maker. Mengapa mata pelajaran tersebut yang mereka sukai? Alasan mereka sungguh simple. "Kakak kami ini disini belajar sudah pusing, kami belajar yang dipelajari adalah pesawat dan mekanismenya." Nah sekarang kami mengikuti kelas ekstrakulikuler ini untuk bersenang - senang. Yaitu kami ingin belajar Game. 

Sungguh tertarik sekali untuk tetap mendampingi mereka hingga dapat membuat game sendiri dengan menggunakan RPG maker. Tapi apalah daya, waktu yang memisahkan kami dan kami pun berjanji kepada pihak SMK Negeri 29 Jakarta agar kelak ada pengganti kami dari adik - adik kelas kami di Batch 5.

Saran untuk pihak sekolah adalah:
  1. Agar sekolah mempersiapkan atau mengkoordinasikan siswa siswinya dengan teratur, kalau pihak sekolah belum dapat mengkoordinasikan dengan baik maka kami bersedia untuk membantu dengan bantuan instruksi pihak sekolah.
  2. Menyediakan laboratorium komputer sekolah dengan keadaan yang baik. (Dapat dioperasionalkan dengan baik, PC (Personal Computer) spesifikasi sesuai kebutuhan).
  3. Mengalokasikan waktu dengan perencanaan yang baik.

Hal - Hal yang dapat disempurnakan oleh teman-teman Batch 5 untuk mengajar di SMK 29 Jakarta adalah:
  1. Rencanakan dengan baik mata pelajaran yang akan di berikan pada siswa - siswi tersebut.
  2. Buatkan presensi kehadiran untuk para siswa dan siswi yang mengikuti kelas tersebut.
  3. Berikan sertifikat bagi siswa dan siswi yang mengikuti kelas dengan baik.
  4. Koordinasi dengan pihak sekolah dengan teratur.

Sekian Terimakasih..
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar